Melepas Penat di Air Terjun Pelangi

Kabupaten Gowa boleh dibilang surganya wisata air terjun. Entah sudah ada berapa air terjun yang di sana. Tapi yang jelas semuanya indah dan menarik minat pengunjung. Melalui Air Terjun Pelangi, daerah Gowa ini lagi-lagi menunjukkan pesonanya.


Berwisata sudah menjadi tren. Bahkan seolah berubah menjadi life style anak muda atau bersama keluarga. Melakukan perjalanan mencari, menemukan, dan menikmati keindahan alam seakan kebutuhan; beristirahat dari kepenatan pekerjaan nyaris seminggu atau mencoba menghibur diri sendiri.

Air Terjun Pelangi bukanlah pilihan terburuk untuk mengentaskan stres yang anda alami. Destinasi wisata di Kabupaten Gowa ini menawarkan pemandangan alam yang masih asri dan alami. Wajar saja, lokasi ini baru dibuka dan diperkenalkan sekitar sebulan yang lalu. Destinasi wisata ini terletak di Desa Jonjo, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa. Jika dari Makassar, jarak tempuh menuju lokasi ini sekitar 60 km atau sekitar 2 jam dengan berkendara motor atau mobil.

Setiba di Desa Jonjo, sebelum memasuki daerah Air Terjun Pelangi, kendaraan harus diparkir di pekarangan rumah yang dimanfaatkan warga. Biaya parkir sebesar Rp3.000. Itu belum termasuk biaya karcis masuk Rp5.000.

Meski tergolong destinasi wisata baru, akses jalan menuju Air Terjun Pelangi sudah agak baik. Berkat swakelola warga desa di sana. “Biasanya kan yang dikeluhkan pengunjung itu kalau ke tempat (wisata) baru jalan masuknya yang susah, makanya itu dulu yang kita perbaiki,” tutur salah seorang warga yang ditemui di sana.

Nama ‘pelangi’ untuk air terjun ini sendiri, menurut penuturan salah seorang warga asli di sana, sengaja diambil untuk menarik minat perhatian warga. Bisa jadi, keindahan pelangi juga menjadi representasi tempat wisata ini. “Sebenarnya biasa ada juga muncul pelangi di sekitar air terjun itu, makanya dinamakan Air Terjun Pelangi,” tuturnya.

Bahkan, pondok-pondok bambu tempat warga berjualan dan sebagai tempat peristirahatan pengunjung telah dibangun. Sesampai di sini, pondok sederhana sebagai tempat peristirahatan itu disewakan Rp20.000 setiap petaknya. Pun disediakan ban karet untuk berenang bagi dengan harga sewa Rp10.000.

Bagi anda yang ingin berenang diharapkan tetap hati-hati. Sebab ke dalaman air di dekat air terjun mencapai 6-7 meter. Papan peringatan di sekitar air terjun sengaja dipasang untuk mengingatkan warga maupun para wisatawan. (*)

Di lokasi Air Terjun Pelangi, sudah banyak berdiri kios/warung sederhana dan juga gazebo bagi para pengunjung yang ingin beristirihat.
Seusai makan siang, beristirahat dan menikmati aliran sungai yang berada di sekitar Air Terjun Pelangi.

This entry was posted on 25 Juli 2016 and is filed under ,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply