Lari ke Busan, Hindari Kejaran Zombie


TRAIN TO BUSAN adalah film bergenre horor/thriller yang lumayan bagus. Sekilas mirip konsep film World War Z.

Ini film Korea (bagian selatan), yang dipenuhi spesies 'Oppa-Oppa' yang saya ragu apa pantas disebut tampan atau tidak. Kukira, Korea cuma bisanya bikin film romantis yang bikin nangis. Ternyata, tidak benar begitu. Train to Busan hadir sebagai anti-thesa dari genre film/drama Korea yang mengharu-biru.

Film yang disutradari Yeon Sang-ho ini tidak bertele-bertele dan terkesan tidak ingin mengajak penonton berpikir. Ceritanya mengalir saja, tanpa berkutat pada informasi "virus" yang menerpa masyarakat Korea Selatan ini rimbanya darimana dan penangannya nanti seperti apa. Tahu-tahu dari awal pokoknya orang-orang tetiba menjadi zombie dan itu menular. Saya melihat penyajiannya memang cuma ingin memperlihatkan adegan yang bikin deg-degan dan membuat dada penonton berdebar-debar.

Di luar itu, Train to Busan adalah film yang tidak hanya mengundang nuansa mengerikan, namun juga mengandung nasihat (tersirat) yang bermanfaat. Menontonnya serasa mendapat pelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah; memiliki nilai-nilai dan pesan moral Pancasila semisal saling membantu sesama.

This entry was posted on 28 September 2016 and is filed under ,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply