FLAT EARTH


Barusan habis piknik ke Gra**dia. Sebuah toko buku yang menyamar menjadi gerai alat tulis kantor, berkedok jualan peralatan elektronik. Di sana, saya menemukan salah satu buku yang mengguncang jagat dunia maya dan nyata.

Judulnya "The Flat Earth Conspiracy". Titelnya provokatif. Tadinya, kukira buku ini ditulis oleh Princes Syahrini. Sebab, judul buku tersebut bernuansa bombastis, mencengangkan, dan cetar membahana badai. Beberapa indikator karakteristik yang juga persis dimiliki wanita pelantun "Sesuatu" itu.

Tetapi, yah, namanya juga lelaki, saya agaknya selalu salah. Buku yang (katanya) menampilkan fakta-fakta bumi datar itu hasil buah pikir---atau barangkali imajinasi---dari seseorang lelaki bernama Eric Dubay. Mau tahu siapa dia? Coba cari di google.

Buku ini stoknya banyak. Gr****a yakin betul, pembahasan bumi datar bak pengantar dongeng sebelum tidur. Banyak yang suka, namun tidak sedikit pula yang menolak bacaan fantastis itu beredar di toko buku. Alasannya, buku itu mengajak ke dalam pembodohan dan tidak ilmiah. Paling tidak, begitulah komentar-komentar orang di dunia maya.

Saya pribadi menilai 'The Flat Earth Conspiracy' tidak begitu buruk. Maksud saya, bagus untuk orang-orang yang ingin memuaskan hasrat imajinasi liar di kepalanya. Hitung-hitung hiburan. Saya tidak begitu setuju, jika buku ini dilarang beredar. Apalagi dicekal. Alangkah baiknya, ada buku perbandingan lain untuk membantah argumen (atau "fakta") yang disampaikan Eric Dubay.

Kamu boleh tidak setuju denganku. Tapi itu menurutku. Dan, daripadanya saya tidak menyediakan ruang berdebat untuk itu. Capek!

Hanya saja, jika memang ada individu/kelompok yang ingin membuat "buku tandingan", saya sekadar ingin sumbang saran, bagaimana kalau bukunya nanti berjudul: "(INSYA ALLAH) BUMI ITU BULAT". Bukankah orang seringkali tergugah dengan hal-hal yang berbau...ah, sudahlah.

This entry was posted on 10 Februari 2017 and is filed under ,,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

Leave a Reply